WISATA PEMANCINGAN DIRENCANAKAN LOKASI DESA JURU BANU

By Sarifulah 12 Mar 2017, 16:35:32 WIBEksekutif

WISATA  PEMANCINGAN  DIRENCANAKAN LOKASI DESA JURU BANU

TAMIANG LAYANG - Desa Juru Banu Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur, merupakan wilayah yang sangan potensi untuk dijadikan objek wisata pemancingan umum.

"Wilayah Desa Juru Banu berada tepat berada tepat pada pengujung sungai Sirau memiliki gerak air yang tinggi pada musim penghujan, jika surut, secara otomatis ikan akan menghuni kolam atau parit yang digarap, pada tempat kolam akan ditanami rumput kumpai yang menjadi tempat berkumpulnya ikan, "jelasnya.

Ikan yang ada di Desa Juru Banu beraneka ragam, mulai ikan sungai seperti patin, baung, lais, biawan dan ikan air tawar seperti papuyu dan haruan (gabus).

Warga disana berpenghasilan Rp. 750.000/ hari saat musim ikan. Ikan dijual Rp. 30.000,/Kg dimana ada 144 Kepala Keluarga (KK) menghuni desa Juru Banu terangnya. Jika sudah selesai, pengelolaan wisata pemencingan akan diserahkan kepada karang taruna setempat. Wencananya, setiap pengunjung akan dikenakan tarif Rp. 3.000 per orang, untuk parkirpun akan di lakukan pemungutan retribusi. Dana yang terkumpul akan dikelola untuk pengajian TPA setempat, dan digunakan untuk penyelesaian pembangunan mesjid setempat.

"Kita telah melakukan pengukuran dan merancangnya. Akan dibangun jalan sepanjang 3,4 kilometer dari ruas jalan PT. Adaro Indonesia menuju sungai Sirau di Desa Juru Banu. Disamping kiri jalan tersebut akan dibangun 65 kolam, "ungkap Sekretaris Camat, Paju Epat di Tamiang Layang, Edy Edward akhir pekan lalu.

Wancana ini telah mendapatkan dukungan Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas yang ditindaklanjuti Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dan Dinas Pertanian untuk melakukan pengkajiannya.

Pembangunan jalan tersebut dilakukan di KM 11 Jalan PT. Adaro Indonesia. Pelaksanannya dilakukan pada tahun ini dengan menggunakan Dana Desa (DD) sebesar Rp 240 juta. Dalam desain awal, pada 65 kolam tersebut akan didirikan parkir kendaraan dan mobil, Pemondokan/gasibo, parahu/ kelotok, dayung, untuk di sewakan untuk wilayah tersebut, Katnya.(ant/Sp)


Video Terkait:


Lihat semua komentar

Beri Komentar

Banner Iklan 2

Logon Fan Page

Poling

Pendapat anda tentang keterbukaan informasi publik?
  Penting
  Kurang Penting
  Tidak Penting
  Tidak tahu