TUAN TIJE sang Misionaris Jerman

By Administrator 29 Jun 2018, 13:10:59 WIBFigur

TUAN TIJE sang Misionaris Jerman

(Gambar diambil dari akun facebook https://www.facebook.com/ebbi.coy)

Seorang misionaris asal Jerman bernama ERNST WILHELM FEIGE yang lahir di Wilschkowitz (Silesia) Jerman sebelum Perang Dunia I pada tanggal 25 Mei 1840. Beliau merupakan salah satu penyebar injil yang datang ke kalimantan khususnya ke wilayah Dayak Maanyan, beliau biasa dipanggil TUAN TIJE oleh masyarakat setempat.

Selain menyampaikan pekabaran injil, Tuan Tije dkk juga memberikan banyak ilmu pengetahuan mulai bercocok tanam, pendidikan, kesehatan dan berbagai ilmu pengetahuan lainnya kepada masyarakat Dayak Maanyan. Tuan Tije sebelum bergabung dalam misi RMG adalah seorang pandai besi.

Menurut informasi beliau meninggal di desa pangelak(upau) tetapi dimakamkan di Tamiang Layang pada tanggal 9 Juli 1901 dan masih menurut informasi disebelah makam beliau dimakamkan juga jasad anaknya.. lalu pada tahun 90an dilakukan pembaturan makam oleh masyarakat..


Pada hari ini makam beliau dipindahkan ke tempat yang lebih layak, berkat Tuan Tije dkk lah cikal bakal umat kristiani Dayak Maanyan bertumbuh yang sekarang menyebar di berbagai daerah..... 


Dikutip dari Akun Facebook EB Leriantoni, Baca selengkapanya


Lihat semua komentar

Beri Komentar

Banner Iklan 2

Logon Fan Page

Poling

Pendapat anda tentang keterbukaan informasi publik?
  Penting
  Kurang Penting
  Tidak Penting
  Tidak tahu