Pendataan Ulang PNS Secara Elektronik 2015

By 07 Sep 2015, 10:06:12 WIBKalteng

Pendataan Ulang PNS Secara Elektronik 2015

Tamiang Layang - Guna menekan angka pegawai negeri sipil (PNS) yang ternyata fiktif. Salah satu upaya BKN adalah dengan cara melakukan pemutakhiran data PNS  melalui Portal layanan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil secara elektronik (e-PUPNS) yang sediakan melalui halaman internet yang dapat diakses pada https://epupns.bkn.go.id.

Portal tersebut sudah diluncurkan sejak mulai 1 September lalu dan akan berakhir pada 31 Desember 2015. Jika dalam kurun waktu yang telah ditetapkan tersebut apabila PNS yang tak melakukan pendaftaran ulang, maka akan dikenakan sanksi.

Berakhir masa waktu pendaftaran pada 31 Desember 2015 tersebut, BKN akan melakukan evaluasi dan penelusuran mengapa masih ada PNS yang tidak melakukan pendaftaran. Hanya ada dua kemungkinan, apakah memang tidak mampu mengisi atau memang karena orangnya yang tidak ada.

Sanksi terberat bagi PNS yang tak mendaftarkan diri melalui e-PUPNS akan terancam statusnya sebagai abdi negara. Berdasarkan aturan yang berlaku maka datanya akan dihapuskan dari database kepegawaian.

Wakil Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan melalui website jppn, pada tahun 2003 telah ditemukan 300 ribu pegawai fiktif. Dengan demikian saat itu negara mengalami kerugian hingga Rp 6 triliun. Kini jumlah PNS fiktif sudah terkikis hingga angka 10.000 nama. Bima berharap dengan sistem e-PUPNS itu  maka keberadaan PNS fiktif bisa dihilangkan. Sekarang sudah turun sekarang 10 ribuan, ini namun kita akan berupaya mencari kalau saja masih ada data yang tidak eksis," ujarnya. (Admin)

Unduh pedoman petunjuk pendaftaran PNS : buku-petunjuk-epupns-user

Unduh Perka BKN tentang Pedoman Pendaftaran Ulang PNS : Perka_BKN_NO_19_2015

Unduh Undang-Undang tentang ASN : UU ASN


Lihat semua komentar

Beri Komentar

Banner Iklan 2

Logon Fan Page

Poling

Pendapat anda tentang keterbukaan informasi publik?
  Penting
  Kurang Penting
  Tidak Penting
  Tidak tahu