Pelaksanaan Upacara Ritual Adat Ijame Di Desa Murutuwu Kecamatan Paju Epat

By Melky 18 Jun 2017, 13:31:20 WIBSeni & Budaya

Pelaksanaan Upacara Ritual Adat Ijame Di Desa Murutuwu Kecamatan Paju Epat

"Temu Wicara dengan Bupati Barito Timur Dan Ketua Dewan DPRD Barito Timur Dan Para Sesepuh Paju Epat Serta Para Donator..."

 

Tamiang Layang - Dukungan penuh dari pemerintah daerah beserta jajarannya, ketua DPRD kab.Bartim, Disbudparpora Barito Timur dan Majelis Daerah Hindu Kaharingan Bartim dalam mensukseskan Upacara Keagamaan Ritual kematian tertinggi "Ijame" yang puncak acara dimulai tgl 15 Juli 2017 selama 9 hari 9 malam dan seluruh rangkaian acaranya yg berakhir pada 03 agustus 2017..

Pada hari ini 15 Juni 2017 dilaksanakan salah satu rangkaian awal "ijame", yang ditandai dengan pelaksanaan Nganru Aning, Ninring Tumpuk/Muleh Lawi Niui Pinang/Ginun Tutup sebagai permulaan. Sejak hari ini sampai selesai rangkaian acaranya nanti, tata aturan hukum adat dan pantangan-pantangan sudah berlaku untuk wilayah paju epat terkhususnya desa murutuwu dan Telang siong.. apabila ada pelanggaran hukum adat akan di denda sesuai dgn tingkat kesalahannya...

Setelah itu pada tanggal 10 juli - 14 juli 2017, masyarakat bersama-sama mempersiapkan bahan-bahan kelengkapan pelaksanaan ritual.. karena aturan adat bahwa sejak 15 juni berlakunya segala pantangan maka kegiatan kehutan untuk mencari bahan-bahan seperti kayu dan rotan sudah ditentukan jadwalnya.

Barulah masuk ke dalam upacara ritual intinya 15-23 juli 2017 yakni selama 9 hari 9 malam.. dengan prosesi pembakaran tulang (mapui) pada tanggal 23 juli 2017.

Setelah itu sejak tanggal 24 juli, nganrey balai selama 7 hari 7 malam..

Lalu dilanjutkan dengan prosesi nulak kalangkang/panyalak puai, miiwu dan satu rangkaian prosesi nampas mangkuk, imanu papas miwit ulu sebagai sebuah simbol perpisahan antara keluarga dan arwah yang telah dihantarkan ke datu tunyung(surga) atau tane puang rara gumi ngahu suke...


Lihat semua komentar

Beri Komentar

Banner Iklan 2

Logon Fan Page

Poling

Pendapat anda tentang keterbukaan informasi publik?
  Penting
  Kurang Penting
  Tidak Penting
  Tidak tahu